Kebanyakan orang pada umumnya melakukan aktivitas simpan-pinjam uang di dalam bank, terlebih ketika lembaga keuangan non-bank belum terbentuk seperti saat ini. Lembaga keuangan yang banyak berkembang pada saat ini kerap dijalankan oleh pihak swasta melalui beberapa metode seperti offline ataupun online. Adapun salah satu lembaga keuangan non-bank terdepan dan terpercaya di Indonesia ialah Amartha. Lembaga ini dinilai cukup profesional dalam memberikan pinjaman uang secara online kapada mitra bisnisnya.

Mengenai jenis atau metode pinjaman yang diberikan ialah peer to peer lending atau kerap disebut sebagai P2P Lending. Dengan pengertian fintech model bisnis ini, Amartha mampu memberikan pinjaman uang kepada mitra bisnisnya baik itu secara individu ataupun dalam kelompok. Peer to peer lending kerap diartikan sebagai media penghubung antara investor dalam calon pendana melalui metode online yang telah ditetapkan oleh Amartha.

Sebagai salah satu lembaga keuangan non-bank yang mampu memberikan layanan peer to peer terbaik di Indonesia, Amartha selalu berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada setiap rekan bisnis dan nasabahnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan mempertahankan profesionalitas dan kepercayaan nasabah terhadap Amartha yang telah beberapa tahun berada di tengah-tengah masyarakat. Melalui layanan yang berhasil dikembangkan, Amartha juga telah ikut serta dalam memajukan perekonomian masyarakat, khususnya dalam pengembangan usaha kecil menengah yang banyak mendatangkan modal dari layanan kredit dan pinjaman.

Setelah kita mengetahui mengenai platform penyedia layanan peer to peer lending terbaik di Indonesia, maka penting untuk kita ketahui lebih lanjut mengenai apa itu peer to peer lending. Secara sederhana peer to peer lending dapat dikatakan memiliki sistem yang hampir menyerupai marketplace online yang kerap dijumpai pada saat ini. Adapun metode yang digunakan dalam sistem layanan ini ialah hanya sebagai media penghubung yang menjembatani antara pihak pendana dan investor layaknya penjual dan pembeli dalam marketplace online.

Selanjutnya mengenai sistem yang digunakan pada dasarnya bisa dibilang lebih kompleks dibandingkan kebanyakan layanan keuangan pada umumnya seperti bank, koperasi simpan pinjam ataupun lembaga resmi lainnya. Sistem layanan peer to peer lending dalam Amartha yang dilakukan. melalui metode online memerlukan beberapa berkas dokumen yang harus dikumpulkan secara online juga sehingga calon nasabah bisa mengupload berkas-berkas yang diperlukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelum memulai aktivasi layanan ini.

Berbeda dengan apa itu deposito, peer to peer lending masih terkesan asing bagi sebagian orang, namun perlu Anda ketajui bahwa pada dasarnya layanan ini telah banyak dijalankan oleh masyarakat dari berbagai kalangan usia, mengingat layanan online pada saat ini dinilai lebih mudah dan praktis untuk dilakukan dibandingkan layanan offline yang mengharuskan datang ke alamat kantornya.

By adayg