Meminjam dana dari pihak lain memang bukan sesuatu yang baru lagi di kehidupan bermasyarakat. Umumnya hal ini dilakukan lantaran sudah tidak memiliki solusi lagi untuk memenuhi kebutuhan yang serba mendesak, seperti untuk biaya berobat, biaya pendidikan anak, dll. Untuk kondisi terdesak seperti ini, mencari pinjaman cepat langsung cair menjadi pilihan terbaik. Sehingga dana yang dibutuhkan bisa segera didapatkan dan bisa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Untuk mendapatkan pinjaman dana cepat cair, banyak pihak yang bisa Anda tuju. Mulai dari bank, koperasi, pinjaman online, pada teman atau kerabat, dan masih banyak lagi. Pastikan Anda tidak meminjam uang dari rentenir, meskipun sedang terdesak dengan kebutuhan sekalipun. Karena seperti yang kita ketahui, meminjam dana dari rentenir justru akan menimbulkan masalah baru dan bukan merupakan solusi yang tepat. Jika Anda tetap bersikeras ingin meminjam dari rentenir, sebaiknya ketahui hal berikut ini untuk menyadarkan, yaitu:

  • Janji yang tidak sesuai dengan saat melakukan pinjaman dana.

Bukan hal asing lagi jika para rentenir umumnya akan menjanjikan hal-hal indah pada calon korbannya. Karena hal ini memang merupakan metode rentenir dalam menjebak korbannya agar mau meminjam uang melalui mereka. Jika di perjanjian awal pihak rentenir menjanjikan bunga yang tidak terlalu besar, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Karena kemungkinan bunga yang harus dibayarkan bisa berbeda jauh dengan kesepakatan awal.

  • Bunga yang tinggi saat mengajukan pinjaman dana.

Berbeda dengan saat meminjam dana dari bank yang memiliki sistem bunga yang jelas, pada rentenir tidak demikian. Bunga yang ditentukan oleh rentenir sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Bukan hal yang tidak mungkin jika bunga pinjaman akan jauh lebih besar dibandingkan dengan pinjam dana dari bank. Bunga yang tinggi ini tentunya akan menyulitkan peminjam dalam membayar cicilan hutangnya.

  • Tempo pembayaran yang singkat untuk melunasi hutang.

Banyak alasan yang mendasari kenapa seseorang terpaksa melakukan pinjaman dana. Salah satunya adalah karena butuh untuk keperluan usaha. Bukan hal yang mudah untuk merintis suatu usaha. Terkadang butuh waktu dan proses yang panjang baru bisa menuai kesuksesan. Ketika Anda meminjam dana dari rentenir untuk membuka usaha, bisa dipastikan fokus pikiran akan terpecah.

  • Siap-siap dengan tukang tagih yang jauh dari kata ramah.

Beban bunga dan denda yang tak wajar, tak jarang membuat para peminjam tidak sanggup atau bahkan telat membayar cicilan hutang. Hal ini menyebabkan hutang semakin membengkak. Saat sudah berada pada tahap ini, biasanya akan ada tukang tagih dari pihak rentenir yang datang ke rumah Anda. Tukang tagih dari pihak rentenir ini terkenal sangat tidak ramah dan tidak bersahabat. Bahkan tidak sedikit juga yang berani melakukan tindak kekerasan. Maka dari itu, sebaiknya jangan coba-coba meminjam dana dari rentenir.

  • Menyebabkan pikiran tidak tenang.

Jika Anda mengira meminjam dana dari rentenir bisa memberikan solusi untuk mencukupi kebutuhan, maka sebaiknya pikirkan dengan jernih lagi. Karena justru dengan Anda meminjam dana dari rentenir, akan bermunculan masalah baru yang tidak berkesudahan. Salah satu dampak dari meminjam dari rentenir adalah bisa membuat pikiran tidak tenang dan bisa berujung stress berat. Karena hutang yang dipinjam tidak semakin menyusut, namun justru semakin bertambah karena bunga besar yang mencekik.

Karena berbagai alasan tersebutlah, maka sebaiknya jangan sekali-kali mengajukan pinjaman cepat langsung cair dari rentenir. Saat terdesak dengan kebutuhan, sebaiknya meminjam dana dari bank atau lembaga keuangan yang terpercaya. Bank atau lembaga keuangan yang sudah terpercaya bisa diketahui jika sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

By adayg