Mobil Honda yang dijual di Indonesia tidak hanya tersedia dalam satu varian saja, tapi Honda menjual produk mereka dalam paket varian sporty mereka yang diberi tambahan emblem RS. Tapi tahukah kamu apa arti dari kata RS ini pada mobil Honda? Tidak sedikit yang berasumsi RS adalah kepanjangan dari “Racing Sport”.

Padahal itu salah! RS sendiri merupakan kepanjangan dari Road Sailing yang kastanya berada di atas rata-rata dan merupakan produk yang memiliki nilai lebih dari sekedar mobil penumpang. Jika dialihbahasakan ke Indonesia, makna sesungguhnya adalah “mengendarai secara nyaman”. Harapannya tipe dengan tambahan RS tadi bukan hanya memberikan kenyamanan, tapi bentuknya juga harus bisa memikat perhatian.

Honda menerjemahkan RS ini sebagai unit everyday sport, sehingga varian tersebut sangat cocok untuk konsumen yang ingin tampil beda. Lambang RS ini merupakan varian dari Sport Grade Direction produk Honda yang memang mengutamakan sensasi sport. Intinya, Honda ingin menonjolkan aura sporty, elegan, sekaligus dinamis. Maka dari itu varian RS memberikan jawaban dengan menyajikan penampilan yang lebih mengentalkan aura sporty dan dinamis.

Varian RS di Produk Honda
Bicara keluarga RS, Honda secara world memperkenalkan varian RS tersebut pada Honda Civic generasi pertama. Model ini dirilis secara eksklusif lantaran hanya terdapat 20.000 unit dalam periode 1975 sampai 1975.

Model-model world yang telah dibekali emblem RS antara lain ada sembilan model, yakni Jazz/Fit (mulai 2007), Mobilio (2014), Jade (2015), Brio (2016), HR-V (2019), Civic Sedan (2019), Civic Hatchback (2020), dan City (2020).

Sedangkan untuk pasar otomotif Tanah Air, produk yang mengusung emblem RS memiliki empat varian, seperti Jazz, Mobilio, Brio dan yang terakhir adalah Civic Hatchback.

Lalu apa saja yang perbedaan yang disematkan oleh Honda setelah salah satu model mereka mengusung emblem RS?

Perbedaan Varian RS dengan Yang Lain
Sejatinya, emblem RS yang disematkan hanya menjadi pemanis baik dari sisi eksterior dan interior. Sebut saja entrance bumper yang lebih sporty, aspect skirt, serta bumper belakang, sudah tentu berbeda dari varian standarnya. Sedangkan untuk kabin, permainan warna gelap yang dipadukan dengan warna merah nan cerah, menjadi identitas baru.

Untuk sektor mesin, tidak ada perubahan yang begitu signifikan. Mesin yang digunakan tetap sama dengan mannequin standar lainnya.

Dalam Honda Sport Grade Direction, selain varian RS juga dikenal beberapa varian lain seperti Si (Sport Injection) yang merupakan throughout sport dengan performa sporty dan Type R yang mengusung konsep sport secara sungguhan karena memiliki performa racing yang sudah teruji di lintasan balap.

Nah itulah informasi mengenai arti kata RS dalam varian mobil Honda yang mungkin kamu belum tau sebelumnya. Jadi jangan salah arti lagi ya jika nanti dijalan kamu bertemu dengan mobil-mobil bervarian RS tersebut. Satu informasi menarik lainnya yang mungkin kamu belum tau adalah Toyota Corona yang ternyata bukan berasal dari China seperti virus Corona lho. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca artikel “Apakah Toyota Corona Berasal Dari China Seperti Virus Corona?”.