KARANGANYAR, KOMPAS.com- Jeep Wrangler Rubicon resmi menjadi mobil dinas Bupati Karanganyar Juliyatmono. SUV berkelir oranye dengan harga berkisar Rp 1,98 miliar tiba sejak Selasa (24/12/2019) lalu.

Mobil dengan transmisi otomatis itu bahkan sudah sempat dikendarai Juliyatmono. Juliyatmono mengatakan, mobil Rubicon langsung diturunkan di rumah dinasnya.

“Kalau datangnya sudah Selasa lalu, langsung ke rumah dinas. Saya sudah mencobanya, keliling-keliling, biasa,” ungkap pria yang akrab disapa Yuli ini, Kamis (26/12/2019).

Baca juga: Pengadaan Rubicon Bupati Karanganyar Dinilai Melukai Hati Rakyat

Mobil pabrikan Amerika itu memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Mesin
Sebagaimana dikutip dari jeep.co.id, Jeep Wrangler Rubicon mempunyai mesin DOHC direct-injection 2.0L turbocharging, gentle hybrid dengan empat silinder inline atau segaris.

Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi hibryd yang bernama common Global Medium Engine (GME) e torque.

Dengan teknolongi ini, mobil menjadi lebih bertenarga dan hemat bahan bakar. Meski hanya berkubikasi 2000 cc atau tepatnya 1.995 cc.

Meski memiliki mesin yang lebih kecil, tetapi ini sanggup memuntahkan tenaga hingga 270 hp dan torsi 400 Nm. Bahkan, tenaga yang dihasilkan ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin three.0L V6.

Daya out put lebih kecil 15 tk dibandingkan dengan mesin 3.6L V6. Untuk penerus kecepatan, mobil dengan dua pintu ini juga menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan.

Eksterior
Untuk Jeep Wrangler Rubicon JL ini menggunakan model dua pintu. Dari bagian depan sudah terlihat perbedaan dengan jenis JK.

Di mana untuk tipe JL ini mempunyai tujuh bilah gril depan dan langsung terdapat lampu utama atau headlight. Sedangkan pada jenis JK ada pemisahnya.

Selain itu juga terdapat DRL LED yang menyatu pada bumper fander flare.

Kemudian untuk kaki-kaki menggunakan pelek ukuran 17, Aluminum Polished With Mid-Gloss Black Pockets dibalut dengan ban LT285/70R17 BF Goodrich KO2 All-Terrain dengan ukuran 33 inci.

Sedangkan untuk kapasitas bahan bakar 70 liter. Rubicon memiliki panjang mencapai 4.237 mm, lebar 1.875 mm, tinggi 1868 mm dengan jarak roda 2.460 mm.

Sedangkan jarak dengan tanah atau ground clearance 280 mm. Untuk penghenti kecepatan rem depan menggunakan cakram ventilasi. Sedangkan untuk rem belakang menggunakan cakram.

Interior
Sentuhan premium sangat terasa di bagian interior. Mulai dari penggunaan kulit sebagai pembungkus kursi juga bagian doortrim.

Bagian-bagian tersebut dibungkus menggunakan kulit McKinley. Untuk jahitannya pun menggunakan benang yang terlihat kontras.

Penumpang juga akan menikmati manfaat dari tempat duduk depan berpemanas, cup holder, dan banyak lagi. Interior Rubicon juga mampu menahan goncangan, sehingga semakin membuat nyaman penumpang.

Perubahan terbaru generasi ini yaitu freedom high hardtop yang ringan dan tak sulit dibongkar pasang.

Baca juga: Selain Rubicon Bupati Karanganyar, Ini three Mobil Dinas Berharga Milliaran

Baca juga: Dapat Mobil Dinas Rubicon Rp 2 Miliar, Bupati Karanganyar: Keren Kan?

Fitur-fitur
Dengan harga yang tidak murah, tentunya Rubicon juga menyuguhkan berbagai fitur-fitur andalan. Bahkan ada juga yang merupakan fitu pertama yang ada pada Wrangler.

Seperti keberadaan tombol begin/stop engine. Kemudian ada juga passive keyless entrey keyless go. Mobil ini juga menggunakan setir yang bisa diatur ketinggian dan jarak dengan pengemudi.

Untuk bagian hiburan sudah terdapat MID full colour dengan lebar 7 inci. Lalu ada pula head unit dengan ukuran eight,four inci layar sentuh.

Bahkan sudah menggunakan sistem uconnect dan sudah mengadopsi Apple CarPlay dan Android Auto. Layar ini juga sudah dilengkapi tampilan pinch-to-zoom (cubit untuk perbesar), peningkatan kinerja, waktu startup yang lebih cepat, daya prosesor.

Selain itu juga respon layar sentuh dan kejernihan serta kecerahan tampilan layar juga ditingkatkan.

Baca juga: Ini Alasan Rubicon Jadi Mobil Dinas Bupati Karanganyar

All-New Wrangler juga dilengkapi Alpine Premium Audio System amplifier 552-watt 12-channel, delapan speaker dan subwoofer belakang. Sistem ini ditingkatkan fitur active noise cancellation dan kaca depan berjenis kaca akustik.

Untuk personalisasi tampilan, SUV ikonik ini juga menyuguhkan informasi Driver Multiview 7-inci yang dapat dikonfigurasi. Di mana Digital Cluster Display memungkinkan pemilik menyesuaikan pengaturan dan gambar pribadi.

Layar penuh warna mengintegrasikan Navigasi terperinci, sekaligus menampilkan informasi media seperti lagu, artis dan radio, menampilkan kondisi mobil dan kondisi statistik saat off-highway serta banyak lagi.