Honda Brio (Honda Brio Satya dan Honda Brio RS) terus menjadi mobil terlaris Honda di Indonesia. Pada tahun 2019, penjualan Honda Brio menorehkan 70.441 unit atau meningkat 38% daripada tahun 2018.

Lalu apa saja keunggulan dan fitur Honda Brio sehingga bisa terus menjadi mobil terlaris Honda hingga kini. Kita akan bahas di sini.

Sebelum kita bahas lebih jauh ada baiknya kita mengetahui daftar harga Honda Brio 2020 on-the-street DKI Jakarta:

* Satya S M/T Rp 146.000.000,00
* Satya E M/T Rp 154.seven hundred.000,00
* Satya E CVT Rp 170.a hundred.000,00
* RS M/T Rp 184.300.000,00
* RS CVT 199.600.000,00

Honda Brio 2020 yang dijual saat ini merupakan generasi kedua yang diluncurkan pada Agustus 2018 tepatnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Brio Satya merupakan model mobil murah LCGC (Low Cost and Green Car) yang bertarung bersama Suzuki Karimun Wagon R, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Sedangkan Brio RS diposisikan di atasnya alias tidak masuk ke dalam proyek yang mendapat insentif pajak tersebut.

Pada tahun 2018, Honda R&D Asia Pacific Co, Ltd (HRAP) mulai mengembangkan generasi ke-2 dengan peningkatan pada semua aspek di generasi pertamanya. Tim R&D melakukan survei pasar meliputi kota-kota besar dan daerah pedesaan demi menciptakan mobil dengan desain dan fungsi yang ramah pengguna dan sesuai dengan kondisi lalu lintas setempat.

Hasilnya, generasi ke-2 menjadi solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan para pembeli mobil pertama dan keluarga di kota-kota kecil, klaim Honda.

Aspek-aspek yang disempurnakan meliputi:

* Memperpanjang jarak wheelbase 60 mm untuk menciptakan ruang duduk belakang lebih besar, ditambah ruang tandem yang lebih panjang dan besar
* Memperluas ruang bagasi hingga 90 mm untuk menyediakan kapasitas lebih besar. Volume kargo lebih besar menjadi 258 liter
* Mengubah desain pintu belakang menjadi tailgate style yang lebih kokoh untuk memberikan rasa aman. Sebelumnya pintu bagasi didominasi oleh kaca. Bukaan pintu bagasi lebih lebar 15%

Sebagai mobil modern, dilengkapi dengan position lamp LED sama seperti excessive-mount stop lamp.

Untuk system audio berbeda antara Brio Satya dengan RS:

1. Satya: 2DIN, USB Port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone & iPod, CD-Player, Aux-in, Compatible w/ steering swap (E grade), Bluetooth (baru), Hands Free Telephone (baru)
2. RS : Layar 6.2” (Resistive), USB Port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone/iPod, Compatible w/ RR Cam, CD & DVD Player, Compatible w/ Steering Switch, AUX-IN (baru), Bluetooth (baru), Hands Free Telephone (baru)

Generasi kedua Brio (Satya dan RS) menggunakan mesin yang benar-benar baru 1.200cc 4-silinder 16-katup SOHC i-VTEC PGMFI bertenaga 90 PS dan bertorsi 110 NM. Satya dan RS dikencani oleh transmisi CVT dan handbook 5-speed.

Daftar fitur keselamatan dan keamanannya berupa:

* Struktur rangka tubuh G-CON + ACEâ„¢
* 2 airbag di depan
* Sabuk keselamatan di depan dan belakang
* Seatbelt reminder untuk pengemudi
* Rem depan cakram. Rem belakang tromol
* ABS dan EBD
* Immobilizer
* Alarm system

Kembali ke masalah penjualan. Pada Juli 2020, Honda berhasil menjual 1.697 unit Satya dan 518 unit Brio RS. Secara keseluruhan penjualan Honda pada Juli 2020 mengukir four.036 unit.

Nah, di antara deretan mobil murah LCGC, mannequin manakah yang Anda sukai? [Idr]