JAKARTA, KOMPAS.com – Selain posisi tutup tangki yang berbeda-beda, setiap mobil juga memiliki perbedaan kapasitas tangki BBM. Ada yang hanya sekitar 30 liter, tapi ada juga yang 50 liter, bahkan eighty liter.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor, mengatakan jika kapasitas tangki mobil disesuaikan dengan kapasitas mesin dan dimensi ukuran mobil.

Selain itu, makin besar kapasitas daya angkut, biasanya kebutuhan BBM-nya akan makin banyak.

“Kapasitas tangki beda-beda, biasanya semakin besar kapasitas mesin akan makin besar kapasitas tangkinya. Begitu juga mobil dengan kapasitas mesin kecil, pasti tangki BBM-nya kecil,” ujarnya kepada Kompas.com (12/1/2020).

Baca juga: Viral Struk Pengisian BBM Tidak Sesuai dengan Jumlah Aslinya

Ia mencontohkan, kapasitas BBM mobil berjenis LCGC lebih kecil dibandingkan mobil Low MPV. Begitu juga dengan tangki milik mobil MPV akan lebih kecil jika dibandingkan dengan SUV.

“Avanza itu kapasitasnya forty five liter, Innova lebih besar sekitar 55 liter, Fortuner lebih besar lagi mencapai 80 liter. Soalnya dari kapasitas mesinnya juga berbeda,” kata Didi.

Selain dari kapasitas mesin, segmentasi mobil tersebut juga menentukan peruntukan mobil. Misalnya mobil LCGC atau metropolis automotive diperuntukkan untuk perkotaan saja, makanya tangki BBM dibuat lebih kecil karena tidak butuh banyak BBM.

Baca juga: Konsumsi BBM Naik sixteen Persen Selama Natal dan Tahun Baru

Sedangkan mobil berjenis SUV, biasanya kerap dipakai ke luar kota bahkan menjelajah jalur offroad. Tak heran mobil jenis ini butuh banyak BBM, makanya tangki BBM dibuat lebih besar.

“Makin besar kapasitas mesin mobil pasti butuh lebih banyak BBM, peruntukannya juga bisa untuk dipakai perjalanan jauh, otomatis tangki lebih besar,” ucap Riecky Patrayudha, Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales.

“Mobil kota untuk keperluan ringan, hanya di dalam kota, tangkinya dibikin kecil. Selain karena tak butuh banyak BBM, tangki kecil akan berimbas pada bobot yang lebih ringan, sehingga konsumsi BBM bisa lebih efisien,” kata Riecky.

Baca juga: Perbandingan Harga BBM Pertamina, Shell dan Total di Awal Riecky juga mengilustrasikan, kapasitas BBM mobil di segmen yang sama rata-rata hampir serupa. Hal ini salah satunya karena kapasitas mesin yang setara, untuk low MPV kebanyakan bermesin 1.500 cc atau untuk SUV kebanyakan 2.000 cc ke atas.

“Misalnya untuk mengisi sampai penuh di mobil segmen metropolis automotive rata-rata sebanyak 30-an liter. Sementara Low MPV sekitar forty-an liter, dan SUV ukuran kecil-menengah sekitar 50-an sampai 60-an liter,” ujarnya.