JAKARTA. PT Ace Hardware Tbk resmi menutup gerainya di pusat perbelanjaan Kuningan City pada 2 Agustus 2020 lalu. Penutupan gerai tersebut dilakukan setelah Ace Hardware berkiprah di lokasi tersebut selama kurang lebih delapan tahun lamanya.

Corporate Secretary Ace Hardware Indonesia Helen Tanzil menjelaskan, alasan penutupan gerai tersebut karena masa sewa gerai telah berakhir.

“Kami sampaikan bahwa pada tanggal 2 Agustus 2020, salah satu gerai Ace Hardware Indonesia yang berlokasi di Kuningan City telah ditutup karena masa sewa telah berakhir,” kata Helen saat dikonfirmasi Kontan.co.id, Kamis (10/9).

Emiten ritel berkode saham ACES tersebut, mengakui sudah menutup three gerai ritel besarnya sepanjang tahun ini. “Alasan penutupan tiga gerai tersebut sama, masa sewa berakhir dan pindah ke lokasi yang lebih baik,” jelas dia.

Baca Juga: Bagikan Ace Hardware Indonesia (ACES) bagikan dividen Rp 309 miliar, simak jadwalnya

Helen juga tak menampik bahwa ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan perseroan dalam evaluasi kinerja gerai dalam periode waktu tertentu untuk menentukan penutupan gerainya termasuk pertumbuhan penjualan dan profitabilitas.

Dengan penutupan tiga gerai, ACES sudah kembali membuka satu gerai yang lebih besar di Semarang pada bulan Juni lalu.

Di sisi lain, perusahaan sudah merealisasikan pembukaan eleven gerai Ace Hardware Indonesia di beberapa kota seperti Bogor, Makassar, Depok, Tangerang, Medan, Jogja dan Semarang, serta kota baru yaitu Gorontalo, Mojokerto dan Dumai.

Untuk pembukaan gerai baru, ACES , anggota indeks Kompas100 ini, menggelontorkan dana belanja modal hingga Rp 90 miliar. Realisasi capex tersebut sudah berjalan hingga akhir ini dan bersumber dari kas inner perusahaan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Reporter: Selvi Mayasari
Editor: Anna Suci Perwitasari