Jasa ekspor diperlukan untuk untuk mengirim barang ke luar negeri di berbagai negara tujuan. Ada banyak pilihan jasa pengekspor di pasaran, namun yang benar-benar terpercaya tentu cukup langka. Berbicara soal ekspor, Indonesia merupakan salah satu eksportir ke berbagai negara salah satunya Jerman.

Untuk diketahui, Indonesia punya beberapa komoditi yang sering diekspor ke negara tersebut. Sebagai warga Indonesia, anda harusnya bangga karena negara ini mampu mengekspor berbagai komoditas ke luar negeri khususnya Jerman. Hubungan yang baik antara Indonesia dengan Jerman salah satunya melalui kegiatan ekspor, yang tentunya menguntungkan negara masing-masing sehingga meningkatkan perekonomian kedua negara. Nah kira-kira komoditi apa saja yang diekspor dari Indonesia ke Jerman?

 

1. Kopi

Pengiriman kopi dari Indonesia ke Jerman tentu membutuhkan jasa ekspor terpercaya. Kopi merupakan salah satu komoditi ekspor terbesar Indonesia ke Negara Jerman. Bahkan nilai ekspor kopi di tahun 2019 mencapai 2,7 miliar lewat PT. Bijie Kopi Nusaprima. Daerah-daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia mulai dari Aceh, Sumatera Barat, Jawa timur hingga Sulawesi Selatan.

 

2. Lada

Lada adalah rempah-rempah asal Indonesia yang ternyata cukup menarik bagi  Jerman untuk mengimpornya dari Indonesia. Lada yang  umumnya di ekspor untuk negara Jerman yaitu lada abu-abu, putih dan kombinasi antara lada putih dan hitam. Untuk daerah penghasil lada dari Indonesia itu letaknya di Sulawesi Utara. Di tahun 2019 daerah ini sudah mengekspor lada sebanyak 3,6 ton. Jumlah itu tentu memiliki sumbangan devisa negara cukup besar.

 

3. Kendaraan Bermotor

Jasa ekspor sangat penting bagi pengiriman kendaraan bermotor ke luar negeri salah satunya Jerman. Ternyata meskipun Indonesia adalah eksportir untuk kendaraan bermotor, faktanya Jerman mengimpor beberapa produk dari Indonesia. produk-produk kendaraan bermotor yang diimpor oleh Jerman salah satunya adalah kendaraan jenis BMW. Karena harganya mahal tentu kegiatan ekspor kendaraan ini punya keuntungan besar untuk penghasilan negara.

 

4. Pakaian Jadi

Pakaian jadi juga merupakan salah satu komoditi ekspor Indonesia untuk Jerman. Bahkan Jerman ada di urutan ketiga sebagai importir pakaian jadi dari Indonesia. Banyak daerah di Indonesia yang menjadi pemasok utama pakaian untuk Jerman, salah satunya yaitu daerah Jawa Barat. ada cukup banyak perusahaan tekstil di daerah Jawa Barat yang melakukan produksi pakaian dan kemudian diekspor ke berbagai negara. Nah salah satu negara yang mengimpor cukup banyak adalah Jerman. berkat berkat ekspor pakaian jadi ini keuntungannya bagi Indonesia sangat meningkat hingga berjuta-juta USD.

 

5. Minyak Sawit

Jasa ekspor untuk minyak sawit dibutuhkan karena produk ini adalah salah satu komoditi yang diekspor ke berbagai negara. Salah satu negara yang mengimpor minyak sawit dari Indonesia adalah Jerman. Untuk daerah daerah pemasok minyak sawit ini sebagian besar berasal dari Kalimantan dan juga Sumatera. Tidak heran memang, karena kualitas minyak kelapa sawit yang dihasilkan kedua daerah tersebut sangat baik. Terlebih kelapa sawit merupakan jenis tumbuhan yang tidak semua daerah bisa ditumbuhi oleh tanaman ini dengan.

 

Nah itu tadi  komoditi ekspor yang biasanya dikirim dari Indonesia untuk Jerman. Sementara pengiriman komoditi ekspor Ini membutuhkan yang namanya jasa ekspor terpercaya. Anda bisa memilih Kilo.id sebagai jasa berkualitas untuk ekspor, terlebih harganya juga bersahabat dan estimasi sampainya barang ke negara tujuan lebih cepat dan tepat. untuk pengiriman barang ke luar negeri baik Jerman atau negara-negara lainnya pilih yang paling tepat yaitu Kilo.id.

By adayg